Cara Google melawan penipuan klik iklan adsense, pengiklan tidak perlu cemas lagi

MELAWAN PENIPUAN KLIK

Penipuan klik adalah salah satu masalah yang paling banyak dibicarakan yang mempengaruhi pengiklan di Google dan platform Pay Per Click (PPC) lainnya.

Menurut Click Guardian, $ 7,2 milyar hilang akibat penipuan klik antara tahun 2016 dan 2018. Itu adalah jumlah yang mengejutkan bahwa jutaan pengiklan kalah dari para penipu dan kesalahan klik.

Jadi apa itu penipuan klik? Menurut Google itu adalah tindakan tidak sah seperti klik tidak disengaja atau klik yang dihasilkan dari perangkat lunak berbahaya.

Bahkan, Google memilih untuk tidak menyebutnya penipuan klik dan menyebutnya 'invalid clicks' sebagai gantinya. Itu bisa dimengerti mengingat kebingungan seputar topik ini dan berbagai alasan mengapa beberapa klik mungkin sah atau kesalahan.

Google menggunakan sejumlah metode untuk memerangi penipuan klik. Ini termasuk pengulas manual, filter otomatis, penelitian mendalam dan tim ilmuwan dan insinyur global.

Pada artikel ini kita akan melihat beberapa jenis penipuan klik umum; contoh klik sah yang dapat disalahartikan sebagai penipuan; apa yang dilakukan Google untuk melawannya dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan melaporkannya.

Jenis umum penipuan klik

1. Klik manual yang dimaksudkan untuk meningkatkan biaya iklan 

Penipuan klik ini adalah yang paling ditakuti oleh sekian banyak pengiklan. Dan beberapa perkiraan melaporkan bahwa ini adalah jenis penipuan klik paling umum.

Inilah saatnya bisnis lain yang bersaing dengan kata kunci Anda dengan sengaja mengklik iklan Anda untuk menaikkan biaya Anda.

Apa pun kata kunci yang ditawar, kemungkinan besar Anda bukan satu-satunya yang menawar. Sehingga seringkali dapat berubah menjadi pertempuran serius untuk klik, pelanggan dan lalu lintas.

Salah satu efek negatifnya adalah biaya semua orang naik, terutama ketika kompetisi tinggi. Jadi, dengan anggaran terbatas, dana dapat habis dan berhenti menerima klik lagi. Dan karena ini, pesaing memiliki insentif yang kuat untuk mengklik iklan Anda dan menaikkan biaya Anda.

Beberapa industri dengan penipuan klik tinggi termasuk asuransi, layanan keuangan pribadi seperti hipotek, iklan berbayar dan lainnya yang memiliki tingkat biaya per klik setinggi $ 10 per klik.

2. Klik manual yang dimaksudkan untuk meningkatkan keuntungan bagi pemilik situs web yang menjadi tuan rumah iklan Anda

Jenis penipuan klik ini hanya berlaku untuk pengiklan yang menggunakan Jaringan Display Google. Jadi, jika Anda menjalankan iklan di jaringan ini, iklan Anda akan muncul di situs web pihak ketiga yang dimiliki oleh webmaster.

Agar seorang webmaster dapat menampilkan iklan Anda di situs web mereka, mereka harus terlebih dahulu bergabung dengan program Google AdSense. Dan untuk setiap orang yang mengklik iklan Anda di situs web mereka, webmaster itu menghasilkan 68% dari jumlah yang dibayarkan ke Google.

Jadi, jika biaya per klik adalah $3, maka webmaster akan mendapatkan $ 2,04. Lipat gandakan dengan seratus klik dan itu bisa menjadi jumlah yang sehat $ 204 untuk seorang webmaster.

Alasan untuk ini adalah banyak webmaster mengalami kesulitan memperoleh lalu lintas berkualitas dan sering kali menggunakan taktik seperti itu untuk meningkatkan pendapatan mereka. Dan dalam beberapa kasus akan mengundang dan mendorong orang lain untuk melakukan mengklik.

Meskipun ini merupakan pelanggaran terhadap kebijakan ketat Google, tidak ada keraguan bahwa itu terjadi.

Google telah bermitra dengan jutaan situs web dan aplikasi yang menyediakan hasil iklan melalui program Google AdSense mereka. Sebelum situs web mana pun diterima dalam program, ia akan diperiksa secara menyeluruh untuk memastikannya memenuhi persyaratan kebijakan pihak ketiga tinggi Google.

Setiap penempatan yang melanggar aturan ini segera dilarang dari program. Ini termasuk klik mencurigakan yang tidak memberikan nilai bagi pengiklan - terutama ketika digunakan untuk meningkatkan pendapatan bagi pemilik situs web.

Google juga akan mencekal penerbit yang menghasilkan terlalu banyak lalu lintas tidak valid. Jika, di sisi lain hal ini tampaknya tidak disengaja, mereka dapat menangguhkan penerbit sampai masalahnya teratasi.

3. Auto Klik, robot, atau software tipuan lainnya

Ini adalah program otomatis yang berjalan di server internet atau komputer yang dibajak yang digunakan untuk penipuan klik. Mereka diprogram untuk membuat sejumlah besar klik tidak sah, tayangan dan lalu lintas dan dibuat agar tampak seperti pengguna nyata.

Google menggunakan filter otomatis untuk menangkap aktivitas seperti itu tetapi ulasan manual biasanya lebih efektif. Mereka memiliki tim spesialis khusus yang memburu dan menghentikan botnet dari merugikan pengiklan, penerbit, dan pencari.

Google juga telah bermitra dengan Grup Akuntabilitas yang Dapat Dipercaya (TAG) https://www.tagtoday.net/ untuk membuat glosari taktik penipuan klik umum untuk melawan tindakan seperti cookie-stuffing, crawler traffic, dan banyak lagi.

Klik tidak disengaja yang tidak memberikan nilai bagi pengiklan, seperti klik kedua dari klik dua kali.

Ini juga termasuk klik yang tidak disengaja di ponsel, ketika pengguna mencoba mengklik tautan tetapi mengklik iklan sebagai gantinya. Keterlibatan untuk ini cenderung sangat rendah dan rasio pentalan biasanya mencapai 100% untuk semua lalu lintas.

Ini tidak memberikan nilai bagi pengiklan dan Google menggunakan alatnya untuk menghapus klik ini.

Google mengambil pendekatan proaktif untuk mengklik penipuan. Setiap klik yang dianggap tidak valid secara otomatis difilter dari laporan dan jadwal penagihan Anda - jadi Anda tidak dikenai biaya untuk itu. Dan jika ada klik yang lolos filter pendeteksiannya, Anda mungkin berhak menerima kredit untuk itu. Ini dikenal sebagai penyesuaian kredit activity aktivitas tidak valid ’.

Contoh klik yang sah

Ada klik sah yang mungkin muncul sebagai penipuan. Penting untuk mengetahui hal ini dan tidak secara salah memengaruhi kinerja iklan Anda dengan membuat perubahan.

Pesaing melakukan riset pesaing - tidak dapat dihindarkan bahwa pesaing akan mengklik iklan Anda. Mereka akan melakukan ini ketika mereka melakukan penelitian pesaing dan kemungkinan mereka akan mengklik iklan pengiklan lain juga. Jadi, ada sedikit yang bisa Anda lakukan tentang ini.

Banyak klik dari alamat IP yang sama - jika laporan Anda menunjukkan banyak klik dari alamat IP yang sama, kemungkinan ini karena alokasi ISP. ISP seringkali akan memberikan alamat IP yang sama di lokasi yang sama ke sejumlah besar pengguna.

Returning visitors - banyak pencari mengklik iklan berlipat kali saat mereka mencari produk dan layanan. Mereka akan melakukan ini beberapa kali ketika membandingkan belanja atau kembali ke situs web Anda untuk informasi lebih lanjut.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mencurigai penipuan klik

Langkah pertama adalah mengoptimalkan iklan dan kata kunci Anda untuk memastikan Anda hanya menargetkan pencarian yang relevan. Tingkat konversi adalah salah satu indikator keberhasilan terbaik dan mengidentifikasi serta memperbaiki tingkat konversi yang rendah akan membantu mengidentifikasi potensi kegiatan yang tidak valid.

Siapkan Google Analytics untuk memantau aktivitas mencurigakan. Analytics menyediakan pelaporan yang kuat dan membantu Anda melacak kinerja kata kunci Anda dan menilai setiap klik yang mencurigakan dari lokasi tertentu.

Periksa akun Google Ads kamu untuk setiap interaksi tidak valid yang telah Anda kreditkan. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke akun Anda dan kemudian mengklik tautan Alat di bagian kanan atas.

Selanjutnya, di bawah ‘Penyiapan’ klik tautan Penagihan & pembayaran. Terakhir, klik ‘Lihat Transaksi dan Dokumen’.

Setiap kredit tidak valid yang Anda terima akan tersedia di sini dan akan diberi label "invalid activity’pada halaman histori transaksi.

Pantau interaksi yang tidak valid dalam statistik akun Anda. Anda dapat menyesuaikan kolom dengan menambahkan kolom data interaksi yang tidak valid untuk dengan cepat melihat jumlah dan persentase klik yang tidak valid. Anda tidak dikenai biaya untuk ini, tetapi membantu Anda dengan cepat melihat persentase.

Melaporkan penipuan klik

Jika Anda telah memperbarui iklan Anda, menyelidiki laporan Anda, dan memeriksa pengaturan penagihan dan masih curiga bahwa Anda memang telah dipengaruhi oleh penipuan klik, maka tahap selanjutnya adalah menghubungi Google.

Sebagai langkah pertama, bagikan informasi sebanyak mungkin. Kirim deskripsi aktivitas yang tidak valid dan detail mengapa Anda mencurigai aktivitas tersebut berbahaya dan apa yang telah Anda lakukan untuk menangkalnya.

Tim spesialis mereka akan menggunakan berbagai alat klik dan tayangan untuk mengidentifikasi aktivitas yang tidak valid. Ini bisa memakan waktu beberapa hari untuk menyelesaikan karena jumlah data yang harus mereka tangani.

Ringkasan

Google terus meningkatkan kemampuan deteksi penipuannya dan dengan bantuan dari pengiklan masalah ini dapat diminimalkan.

Jika ini terbukti tidak valid dan Anda telah ditagih, maka Anda akan menerima kredit di akun Google Ads Anda.

Post a Comment

أحدث أقدم